Telaga Di Dieng

Telaga merupakan danau yang kecil dan dangkal sehingga sinar matahari dapat menembus sampai ke dasarnya. Telaga biasanya terbentuk dari cekungan bumi atau bekas letusan gunung vulkanik yang kemudian terendam air. Pesona telaga memang tidak diragukan lagi karena sanggup memancarkan variasi keindahan di masing-masing ciri khasnya. Semuanya tergantung pada kandungan air, posisi topografi, dan kenampakkan geografis sekitar.

Keindahan telaga telah menjadi tempat yang romantis untuk setiap pasangan yang hendak menghabiskan waktu di dekat telaga. Tak jarang makanya puisi menampilkan suasana keromantisan dua insan dengan latar telaga.

Hal ini karena telaga memiliki keindahan khas dan variatif. Masing-masing telaga berbeda keindahannya satu dengan yang lainnya. Maka, penamaan telaga pun bergantung pada ciri khas dari telaga itu sendiri. Barangkali Anda ingin melewatkan keromantisan di dekat telaga, yuk kita ngulik telaga-telaga khususnya di Dieng, Jawa Tengah.

Dieng adalah dataran tinggi di antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Jalanan untuk ke Dieng sangatlah menantang, yakni berkelak-kelok mengikuti kenampakkan bumi dataran tinggi. Ketinggian Dieng mencapai 2000 meter di atas permukaan laut.

Asal kata Dieng sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu “di” dan “hyang”: ‘”di” mengartikan tempat, sedangkan “hyang” artinya Dewa Pencipta. Oleh karena itu, Dieng dapat dipahami sebagai tempat bersemayamnya dewa (Pencipta). Akar sejarahnya memang terkait dengan kepercayaan Hindu, maka di Dieng pun saat ini masih tersisa sebuah warisan kebudayaan, yakni Candi Arjuna.

Telaga Dieng Yang Indah Menawan Yang Bikin Kangen Wisatawan

Dieng merupakan salah satu dataran tinggi yang menyimpan beberapa keindahan telaga yang romantis. Bagi sobat travelers yang ingin tempat romantis  dan pas untuk liburan bersama orang terdekat di dekat telaga Dieng, berikut informasinya:

1. Telaga Warna

Telaga Warna Di Dieng Jawa Tengah Yang Romantis
@sathourdays

Telaga Warna barangkali telaga favorit para wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Sesuai namanya, telaga ini memang memancarkan warna-warna elok yang sangat romantis.

Air Telaga Warna memancarkan warna ungu, hijau, biru, di samping keindahan sekitar berupa sunrise dari puncak Gunung Sikunir yang dapat kamu nikmati di pagi hari. Warna-warna telaga ini pun dapat berkembang lebih variasi ketika tertimpa sinar matahari karena kandungan belerang yang cukup tinggi.

2. Telaga Cebong

Telaga Cebong Dieng Jawa Tengah
images.google.com

Telaga Cebong terletak di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa ini juga menjadi favorit wisatawan karena telaga dan keindahan alamnya. Petak-petak perkebunan penduduk melengkapi suasana natural yang sangat indah.

Kamu bisa mendapatkan keromantisan di dekat Telaga Cebong, dengan menikmati suasana air yang jernih, dan matahari terbit dari balik Bukit Sikunir. Anda dapat naik perahu motor di telaga. Oh ya, telaga ini banyak pula ikan-ikannya.

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer Di Dieng Yang Indah
@mussabahtiar32

Telaga Menjer tidak kalah cantik dan romantisnya dari telaga-telaga lain di Dieng. Terletak di Desa Maron, Garung; sebelumnya Desa Maron dinamakan Desa Menjer, sehingga telaga ini disebut Telaga Menjer. Telaga ini tergelar luas, memiliki air yang jernih serta hawa sejuk dan dingin.

Di Telaga Menjer terbilang sunyi, hanya kadang ada burung-burung yang bernyanyi di bibir telaga. Kamu dapat menyewa perahu-perahu kecil untuk menjelajahi telaga.

4. Telaga Dringo

Telaga Dringo Di Dieng Yang Menawan
@trendych

Telaga yang bisa membuat kamu kangen ingin kembali ke Dieng Plateau. Letaknya yang jauh dari pemukiman membuat suasana asri semakin terasa. Kurang lebih 17 KM dari objek utama wisata Dieng.

5. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon Di Dieng
@mwg_megyy

Air yang tenang dan jernih terhampar luas seperti kaca yang dipermukaannya akan nampak langit biru dan awan, termasuk mungkin wajah kamu bila memandangi airnya. Oleh karena itulah, telaga ini dikenal telaga cermin (Pengilon dari Bahasa Jawa, kalau diartikan ke Bahasa Indonesia: cermin).

Kamu bisa berbagi keromantisan bersama pasangan kamu di sini. Konon, menurut mitos masyarakat sekitar, seseorang yang berhati baik akan terlihat lebih tampan atau cantik jika berkaca di air telaga, sebaliknya yang berhati buruk akan terlihat lebih buruk atau jelek. Nah, apabila kamu ingin mengetahui isi hati pasangan kamu, bisa dicoba untuk berkaca di air telaga, ini mitos loh.

Baca Juga : Tempat Wisata Alam Di Balikpapan

6. Telaga Merdada

Telaga Merdada Di Dieng
@faisholrd

Telaga Merdada tergolong yang terluas di Dieng, mencapai sekitar 25 hektar dan kedalaman 2-10 meter. Penduduk sekitar memanfaatkan telaga ini untuk pertanian. Di samping itu, sudah jadi telaga wisata yang banyak dikunjungi orang.

Suasana romantis bisa kamu dapatkan dengan mengelilingi danau dengan menyewa perahu. Pohon-pohon cemara masih rimbun mengelilingi pinggiran danau. Beberapa jenis burung juga kadang bertengger di pepohonan. Ada pula pengunjung telaga yang memanfaatkan alam sekitar untuk camping.

7. Telaga Swiwi

Telaga Swiwi
@mazbeck_

Merupakan telaga terkecil di Dieng yang berukuran seperti kolam biasa. Telaga ini ramai dikunjungi oleh wisatawan jika musim liburan tiba. Tempatnya yang nyaman dan asyik untuk bermain bersama keluarga dan teman-teman.

Baca Juga : Tempat Wisata di Singapura

Nah sekarang kamu sudah bisa menentukan telaga mana yang akan kamu kunjungi ketika berlibur ke Dieng Jawa Tengah. Jangan lupa ajak keluarga, kerabat dan teman-teman supaya liburan menjadi menyenangkan.

 

Telaga Di Dieng
10 (100%) 2 vote[s]
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *